Mengkaji Ulang Masa Khilafah 30 Tahun (“al-Khilafah Tsalatsuna Sanah”)

Ada saja upaya-upaya untuk menghalangi seruan untuk kembali mendirikan pemerintahan Islam agar umat Islam bisa kembali bersatu dan tidak bercerai berai, salah satu dari sekian banyak isu yang coba dihembuskan guna melemahkan semangat kaum Muslimin adalah bahwa Khilafah Islam hanya berusia 30 tahun sedangkan selebihnya bukanlah Khilafah namun Kerajaan. Pembahasan seperti ini bukanlah pembahasa baru, namun jauh sebelumnya sudah banyak Ulama kaum Muslimin yang menjelaskannya dan beberapa cendikiawan Muslim dimasa kini juga berupaya untuk mengcounter isu-isu yang tidak bertanggung jawab tersebut dengan kembali menguraikan benang kusutnya.

Hadits yang biasa dikemukakan adalah hadits yang menuturkan bahwa Khilafah berumur 30 tahun setelahnya adalah –dikatakan- kerajaan. Diantara Imam yang meriwayatkann tentang hadits tersebut adalah Imam Ahmad didalam kitab Musnadnya (5/220 & 221) dan didalam Fadlailush Shahabah (789 & 1027), Imam Abu Daud dalam kitab Sunannya (4646 & 4647), Imam Ibnu Abi ‘Ashim Asy-Syaibaniy didalam kitab al-Ahad wa al-Matsani (113, 139 & 140) dan didalam As-Sunnah (1181), Imam Abdullah bin Ahmad didalam As-Sunnah (1402-1405), Imam An-Nasa’i didalam Sunan Al-Kubra (8155), Imam Ath-Thahawiy didalam Syarah al-Musykil al-Atsar (3349 atau 4/313), Imam Ibnu Hibban didalam Ash-Shahih (1534), Imam Hakim didalam Al-Mustadrak (3/71 & 145), Ath-Thayalisiy (1107), Imam Ath-Thabraniy didalam Al-Kabir (13, 136, 6446 & 6444), Imam Abu Nu’aim didalam Kitabul Imamah (180 & 181), Imam Ibnu ‘Adiy didalam Al-Kamil (3/1237), Imam Al-Baihaqiy didalam Dalailul Khairat (6/342), Imam Al-Bazar didalam Musnadnya (1588) dan lain sebagainya. [Lihat ; Jami’ al-Ulum wal Hikam karangan Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali dan Al-Fatawa (Soal ke-2 No. 6363)] Berikut akan diantara redaksi hadits dalam kitab para Imam Muhaddits diatas. Didalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal disebutkan redaksinya sebagai berikut,

حدثنا عبد الله حدثني أبى ثنا بهز ثنا حماد بن سلمة ثنا سعيد بن جمهان ح وعبد الصمد حدثني سعيد بن جمهان عن سفينة قال سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول الخلافة ثلاثون عاما ثم يكون بعد ذلك الملك قال سفينة أمسك خلافة أبى بكر رضي الله عنه سنتين وخلافة عمر رضي الله عنه عشر سنين وخلافة عثمان رضي الله عنه أثنى عشر سنة وخلافة علي رضي الله عنه ست سنين رضي الله عنهم إسناده حسن رجاله ثقات رجال الصحيح غير سعيد بن جمهان

حدثنا عبد الله حدثني أبى ثنا زيد بن الحباب حدثني حماد يعنى بن سلمة عن سعيد بن جمهان حدثني سفينة أبو عبد الرحمن قال سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول الخلافة ثلاثون عاما ثم الملك فذكره إسناده حسن رجاله ثقات رجال الصحيح غير سعيد بن جمهان فهو صدوق من رجال أصحاب السنن

Didalam kitab Sunan Imam Abu Daud,

حدثنا سوار بن عبد الله ثنا عبد الوارث بن سعيد عن سعيد بن جمهان عن سفينة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ” خلافة النبوة ثلاثون سنة ثم يؤتي الله الملك أو ملكه من يشاء ” قال سعيد قال لي سفينة أمسك عليك أبا بكر سنتين وعمر عشرا وعثمان اثنتي عشرة وعلي كذا قال سعيد قلت لسفينة إن هؤلاء يزعمون أن عليا [ عليه السلام ] لم يكن بخليفة قال كذبت أستاه ( جمع أست والأست الدبر ) بني الزرقاء يعني مروان . حسن صحيح

حدثنا عمرو بن عون ثنا هشيم عن العوام بن حوشب عن سعيد بن جمهان عن سفينة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ” خلافة النبوة ثلاثون سنة ثم يؤتي الله الملك من يشاء أو ملكه من يشاء ” . حسن صحيح

Didalam kitab Sunan Al-Kubra Imam Nasaa’i

, أخبرنا أحمد بن سليمان قال أنا يزيد قال أنا العوام قال حدثني سعيد بن جهمان عن سفينة مولى رسول الله صلى الله عليه و سلم قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم الخلافة في أمتي ثلاثون سنة ثم ملكا بعد ذلك قال فحسبنا فوجدنا أبا بكر وعمر وعثمان وعليا

Didalam kitab Al-Mustadrak ‘alaa ash-Shahihayn, Imam Hakim,

– حدثنا أبو العباس محمد بن يعقوب ثنا إبراهيم بن مرزوق البصري بمصر ثنا عبد الصمد بن عبد الوارث بن سعيد حدثني أبي ثنا سعيد بن جمهان عن سفينة أبي عبد الرحمن مولى النبي صلى الله عليه وسلم قال خلافة النبوة ثلاثون سنة قال سعيد : أمسك أبو بكر سنتين وعمر بن الخطاب عشر سنين وعثمان بن عفان اثنتي عشرة سنة وعلي ست سنين حذفه الذهبي من التلخيص لضعفه

Demikianlah sebagian redaksi hadits yang menuturkan tentang masa Khilafah yang hanya berumur 30 tahun yang ditercantum dalam kitab-kitab para Ulama. Namun masih banyak lagi yang menuturkan hal serupa dengan redaksinya yang sama. Imam Abu Daud dalam kitab sunnannya menuturkan bahwa kualitas hadits yang diriwayatkannya adalah hasan shahih (حسن صحيح), demikian juga beberapa imam lainnya. Melihat dari redaksi hadits diatas, kadang hanya menggunakan lafadz “al-Khilafah (الخلافة)” namun riwayat lainnya menggunakan lafadz“Khilafah an-Nubuwwah (خلافة النبوة)”. Maka dari sini saja sudah bisa dipahami bahwa yang dimaksudkan dalam hadits tersebut adalah “Khilafah an-Nubuwwah (Khilafah yang berjalan diatas thariqah kenabian) dengan memberlakukan lafadz yang lebih khusus.

Ditambah lagi al-Imam al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalaniy memperjelasnya didalam kitab yang sudah masyhur yaitu Fathul Bariy syarah Shahih Bukhari (14/479),

لِحَدِيثِ الْخِلَافَة بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَة لِأَنَّ الْمُرَاد بِهِ خِلَافَة النُّبُوَّة وَأَمَّا مُعَاوِيَة وَمَنْ بَعْده فَكَانَ أَكْثَرُهُمْ عَلَى طَرِيقَة الْمُلُوك وَلَوْ سُمُّوا خُلَفَاء ، وَاَللَّه أَعْلَمُ “berdasarkan hadits (al-Khilafah ba’diy tsalatsuna sanah), karena sesungguhnya yang dimaksud dengan hadits tersebut adalah Khilafah Nubuwwah (Khilafah yang berjalan diatas metode kenabian), adapun Mu’awiyah serta penguasa-penguasa setelahnya yang jumlah mereka sangat banyak berjalan diatas thariqah (tabi’at) al-muluk (raja-raja) walaupun semuanya dinamakan para Khalifah.

Apa yang dituturkan oleh Imam Ibnu Hajar, bisa di temui dalam dalamKitab Faidlul Qadir (3/678) karangan Al-Imam Muhammad Abdurrauf Al-Manawy,

(الخلافة) قال الحافظ في الفتح : أراد بالخلافة خلافة النبوة وأما معاوية ومن بعده فعلى طريقة الملوك ولو سموا خلفاء (بعدي في أمتي ثلاثون سنة) قالوا : لم يكن في الثلاثين إلا الخلفاء الأربعة وأيام الحسن فمدة الصديق سنتان وثلاثة أشهر وعشرة أيام وعمر عشر سنين وستة أشهر وثمانية أيام وعثمان إحدى عشرة سنة وإحدى عشرة شهرا وتسعة أيام وعلي أربع سنين وتسعة أشهر وسبعة أيام(ثم ملك بعد ذلك) وفي رواية ثم يكون ملكا أي يصير ملكا لأن اسم الخلافة إنما هو لمن صدق عليه هذا الاسم بعمله للسنة والمخالفون ملوك وإن تسموا بالخلفاء وأخرج البيهقي في المدخل عن سفينة أن أول الملوك معاوية ، “Kata (الخلافة),

al-Imam Ibnu Hajar al-Asqalaniy didalam kitab Fathul Bariy (Syarh Shahih Bukhari) berkata : “yang dimaksud dengan Khilafah (dalam hadits tersebut) adalah Khilafatun Nubuwwah, dan adapun Mu’awiyah serta penguasa-penguasa setelahnya berjalan diatas thariqah muluk (raja-raja) walaupun semuanya tetap dinamakan khalifah-khalifah (Khulafa’). (بعدي في أمتي ثلاثون سنة), Ulama mengatakan, tiada 30 tahun yang dimaksudkan kecuali masa Khulafaul Arba’ah (masa 4 khalifah) dan masa Sayyidina Hasan bin ‘Ali. Masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah 2 tahun, 3 bulan dan 10 hari, masa Khalifah Umar Al-Faruq (Umar bin Khaththab) adalah 12 tahun, 6 bulan dan 8 hari, masa Khalifah Utsman bin Affan adalah 11 tahun, 11 bulan dan 9 hari dan masa Khalifah ‘Ali bin Abi Thalib adalah 4 tahun 9 bulan dan 7 hari. (ثم ملك بعد ذلك), dalam sebuah riwayat dituturkan (ثم يكون ملكا) maksudnya adalah menjadi penguasa-penguasa (raja), karena sesungguhnya namanya Khilafah,…”.

Dengan demikian, masa 30 tahun yang dimaksud adalah masa Khilafah Nubuwwah (Khilafah yang berjalan diatas thariqah kenabian/sesuai dengan prinsip-prinsip kenabian). Khilafah Nubuwwah tersebut adalah masa Khulafaur Rasyidin atau masa Khulafaul Arba’ah disertai dengan masa Sayyidina Hasan bin ‘Ali bin Abi Thalib. Keterangan tentang 30 tahun seperti diatas dapat di temui dalam kitab-kitab ‘Ulama lainnya, misalnya ;

Didalam kitab Tuhfatul Ahwadiy (6/5) dijelaskan bahwa “30 tahun adalah Khulafaul Arba’ah dan masa Sayyidina Hasan bin ‘Ali,

” الْخِلَافَةُ بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا ” لِأَنَّ الثَّلَاثِينَ سَنَةً لَمْ يَكُنْ فِيهَا إِلَّا الْخُلَفَاءُ الْأَرْبَعَةُ وَأَيَّامُ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ

Masih didalam Tuhfatul Ahwadiy (6/475) dituturkan bahwa mereka (para Khulafaul Arba’ah) adalah Abu Bakar, Umar, Utsman, Utsman dan ‘Ali berdasarkan sabda Nabi tentang hadits “tsalatsuna sanah”.

وَقَدْ ذَكَرْنَا كَلَامَ صَاحِبِ سُبُلِ السَّلَامِ فِي بَيَانِ مَعْنَى هَذَا الْحَدِيثِ فِي بَابِ آذَانِ الْجُمُعَةِ وَقَالَ الْقَارِي فِي الْمِرْقَاةِ قِيلَ هُمْ الْخُلَفَاءُ الْأَرْبَعَةُ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ وَعَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمْ لِأَنَّهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ : قَالَ الْخِلَافَةُ بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً وَقَدْ اِنْتَهَى بِخِلَافَةِ عَلِيٍّ كَرَّمَ اللَّهُ وَجْهَهُ .

Didalam kitab Aunul Ma’bud (9/316), dikatakan bahwa dalam riwayat lain disebutkan dengan redaksi “Khilafah Nubuwwah”.

قَالَ وَالْجَوَاب عَنْ هَذَا أَنَّ الْمُرَاد فِي حَدِيث الْخِلَافَة ثَلَاثُونَ سَنَة خِلَافَة النُّبُوَّة وَقَدْ جَاءَ مُفَسَّرًا فِي بَعْض الرِّوَايَات : ” خِلَافَة النُّبُوَّة بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَة ، ثُمَّ تَكُون مُلْكًا ”

Sama seperti dalam Aunul Ma’bud juga terdapat dalam kitab Syarah Shahih Muslim (6/285),

وَالْجَوَاب عَنْ هَذَا أَنَّ الْمُرَاد فِي حَدِيث ” الْخِلَافَة ثَلَاثُونَ سَنَة ” خِلَافَة النُّبُوَّة ، وَقَدْ جَاءَ مُفَسَّرًا فِي بَعْض الرِّوَايَات ” خِلَافَة النُّبُوَّة بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَة ثُمَّ تَكُون مُلْكًا ”

Didalam kitab Al-Bidayah wa An-Nihayah (6/220),

وفي الحديث الذي رواه الامام أحمد وأبو داود والترمذي – وحسنه – والنسائي من حديث سعيد بن جمهان عن سفينة مولى رسول الله أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: الخلافة بعدي ثلاثون سنة، ثم تكون ملكا * وفي رواية: ثم يؤتي ملكه من يشاء ، وهكذا وقع سواء، فأن أبا بكر رضي الله عنه كانت خلافته سنتين وأربعة أشهر إلا عشر ليال، وكانت خلافة عمر عشر سنين وستة أشهر وأربعة أيام، وخلافة عثمان إثنتا عشرة سنة إلا إثنا عشر يوما، وكانت خلافة علي بن أبي طالب خمس سنين إلا شهرين، قلت: وتكميل الثلاثين بخلافة الحسن بن علي نحوا من ستة أشهر، حتى نزل عنها لمعاوية عام أربعين من الهجرة، كما سيأتي بيانه وتفصيله * وقال يعقوب بن سفيان: حدثني محمد بن فضيل، ثنا مؤمل، ثنا حماد بن سلمة عن علي بن زيد، عن عبد الرحمن بن أبي بكرة قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: خلافة نبوة ثلاثون عاما ثم يؤتي الله ملكه من يشاء، فقال معاوية: رضينا بالملك

Pada halaman yang lain (6/680), bahwa hadits “30 tahun” tersebut sama sekali tidak mencegah adanya Khalifah yang Rasyid setelah masa Khilafatun Nubuwwah dan keterangan tentang Khilafah yang sebatas 30 tahun tidaklah itu mutlak.

وقد ذكر سفينة تفصيل هذه الثلاثين سنة فجمعها من خلافة الاربعة، وقد بينا دخول خلافة الحسن وكانت نحوا من ستة أشهر فيها أيضا، ثم صار الملك إلى معاوية لما سلم الامر إليه الحسن بن علي، وهذا الحديث فيه المنع من تسمية معاوية خليفة، وبيان أن الخلافة قد انقطعت بعد الثلاثين سنة لا مطلقا، بل انقطع تتابعها، ولا ينفي وجود خلفاء راشدين بعد ذلك كما دل عليه حديث جابر بن سمرة

Kemudian juga (7/229) dikatakan bahwa mengenai 30 tahun tersebut, tidak ada ulama yang memperlisihkannya.

وفي بعض الروايات: فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ” هذه خلافة النبوة ” وسيأتي حديث سفينة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ” الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكا ” فكانت ولاية عثمان ومدتها ثنتي عشرة سنة، من جملة هذه الثلاثين بلا خلاف بين العلماء العاملين، كما أخبر به سيد المرسلين صلى الله عليه آله وصحبه أجمعين.

Kitab An-Nihayah Fiy al-Fitan wa al-Malahim (1/2) ; genapnya 30 tahun setelah pemerintahan berpindah ketangan Mu’awiyah bin Abi Sufyan setelah proses ba’iat dan pada tahun itu dinamakan sebagai ‘Amul Ja.

حديد الرسول مدة الخلافة من بعده بثلاثين سنة وإشارته إلى أنها ستتحول بعد ذلك إلى ملك عضوض: وتقدم الحديث الذي رواه أحمد وأبو داود والنسائي والترمذي وحسنه من طريق سعيد بن جهمان عن سفينة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ” الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكاً. وقد اشتملت هذه الثلاثون سنة على خلافة أبي بكر الصديق، وعمر الفاروق وعثمان الشهيد، وعلي بن أبي طالب الشهيد أيضاً، وكان ختامها وتمامها بستة أشهر وليها الحسن بن علي بعد أبيه، وعند تمام الثلاثين نزل عن الأمر لمعاوية بن أبي سفيان سنة أربعين وأصفقت البيعة لمعاوية بن أبي سفيان وسمي ذلك عام الجماعة وقد بسطنا ذلك فيما تقدم.

Lubab an-Ansab wa al-Alqab wa al-A’qab (1/20), karangan Imam Al-Baihaqiy, dituturkan bahwa ulam salaf berkata bahwa Khalifah terakhir dan sempurnanya masa Khilafah berdasarkan hadits “30 tahun” adalah Khilafah Abu Bakar, Umar, Utsman, ‘Ali bin Abi Thalib.

الحسن بن علي بن أبي طالب رضي الله عنهما وقال بعض علماء السلف: هو آخر الخلفاء، وبمدة ولايته تمت أيام الخلافة، لقول النبي صلى الله عليه وآله: الخلافة بعدي ثلاثون سنة. فخلافة أبي بكر ومدة ولايته سنتان وأربعة أشهر. ومدة خلافة عمر بن الخطاب عشر سنين وستة أشهر. ومدة ولاية عثمان بن عفان اثنتا عشرة سنة. ومدة ولاية علي بن أبي طالب رضي الله عنه أربعة سنين وتسعة أشهر.

Disebutkan dalam Mir-atu al-Jinan wa Ibratul Yaqadhan fi Ma’rifati Hawaditsiz Zaman (2/109), karangan Imam Al-Yafi’i ;

بقوله عليه السلام: الخلافة بعدي ثلاثون سنة. وهم: أبو بكر،ثم عمر، ثم عثمان، ثم علي، ثم الحسن بن علي وبه تمام الثلاثين من السنين المذكورة.

Kitab Syarah Shahih Muslim (6/285) ;

قَوْله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( إِنَّ هَذَا الْأَمْرَ لَا يَنْقَضِي حَتَّى يَمْضِيَ فِيهِمْ اِثْنَا عَشَرَ خَلِيفَة كُلّهمْ مِنْ قُرَيْش ) ، وَفِي رِوَايَة : ( لَا يَزَال أَمْر النَّاس مَاضِيًا مَا وَلِيَهُمْ اِثْنَا عَشَرَ رَجُلًا كُلّهمْ مِنْ قُرَيْش ) ، وَفِي رِوَايَة : ( لَا يَزَال الْإِسْلَام عَزِيزًا إِلَى اِثْنَيْ عَشَرَ خَلِيفَة كُلّهمْ مِنْ قُرَيْش ) قَالَ الْقَاضِي : قَدْ تَوَجَّهَ هُنَا سُؤَالَانِ : أَحَدهمَا : أَنَّهُ قَدْ جَاءَ فِي الْحَدِيث الْآخَر : ” الْخِلَافَة بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَة ثُمَّ تَكُون مُلْكًا ” وَهَذَا مُخَالِف لِحَدِيثِ اِثْنَيْ عَشَرَ خَلِيفَة ، فَإِنَّهُ لَمْ يَكُنْ فِي ثَلَاثِينَ سَنَة إِلَّا الْخُلَفَاء الرَّاشِدُونَ الْأَرْبَعَة ، وَالْأَشْهُر الَّتِي بُويِعَ فِيهَا الْحَسَن بْن عَلِيّ قَالَ : وَالْجَوَاب عَنْ هَذَا أَنَّ الْمُرَاد فِي حَدِيث ” الْخِلَافَة ثَلَاثُونَ سَنَة ” خِلَافَة النُّبُوَّة ، وَقَدْ جَاءَ مُفَسَّرًا فِي بَعْض الرِّوَايَات ” خِلَافَة النُّبُوَّة بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَة ثُمَّ تَكُون مُلْكًا ” وَلَمْ يُشْتَرَط هَذَا فِي الِاثْنَيْ عَشَرَ .

Lubab at-Ta’wil fi Ma’aniy at-Tanzil (5/16),

وفي الآية دليل على صحة خلافة أبي بكر الصديق والخلفاء الراشدين بعده ، لأن في أيامهم كانت الفتوحات العظيمة وفتحت كنوز كسرى غيره من الملوك ، وحصل الأمن والتمكين وظهور الدين عن سفينة قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول « الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكاً » ثم قال : أمسك خلافة أبي بكر سنتين وخلافة عمر عشر سنين ، وخلافة عثمان اثنتي عشر سنة وعلي ستاً قال علي : قلت لحماد القائل لسعيد أمسك سفينة قال نعم « أخرجه أبو داود والترمذي بنحو هذا اللفظ . قلت : كذا ورد هذا الحديث بهذا التفصيل ، وفيه إجمال وتفصيله أن خلافة أبي بكر كانت سنتين وثلاثة أشهر ، وخلافة عمر كانت عشر سنين وستة أشهر وخلافة عثمان اثنتي عشر سنة كما ذكر في الحديث ، وخلافة علي أربع سنين وتسعة أشهر ولهذا جاء في بعض روايات الحديث على كذا ، ولم يبين تعيين مدته فعلى هذا التفصيل تكون مدة خلافة الأئمة الأربعة تسعة وعشرين سنة وستة أشهر ، وكملت ثلاثين سنة بخلافة الحسن كانت ستة أشهر ثم نزل عنها والله أعلم

Tafsir Izzuddin bin Abdissalam (4/178),

قيل هي في الخلفاء الأربعة . قال الرسول صلى الله عليه وسلم : « الخلافة بعدي ثلاثون »

Ma’alimu at-Tanzil (6/59) ;

وفي الآية دلالة على خلافة الصديق وإمامة الخلفاء الراشدين. أخبرنا عبد الواحد المليحي، أخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن أبي شريح، أخبرنا أبو القاسم البغوي، أخبرنا علي بن الجعد، أخبرني حماد هو ابن مسلمة بن دينار، عن سعيد بن جمهان، عن سفينة قال: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول: “الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون، ملكا”. ثم قال: أمسك خلافة أبي بكر سنتين، وخلافة عمر عشرا، وعثمان اثنتا عشر، وعلي ستة. قال علي: قلت لحماد: سفينة، القائل، لسعيد أمسك؟ قال: نعم

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ;

1. Maksud hadits yang menuturkan bahwa Khilafah berumur 30 tahun dan setelah raja-raja adalah Khilafah Nubuwwah (Khilafah yang sesuai dengan prinsip-prinsip kenabian), hal ini berdasarkan redaksi riwayat lain yang secara jelas menggunakan lafadz “(خلافة النبوة)/Khilafatun Nubuwwah”.

2. Imam al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalaniy didalam Fathul Bariy telah memperjelasnya, yang juga dituturkan dalam kitab-kitab ulama lainnya bahwa kata “Khilafah” yang dimaksud adalah Khilafah Nubuwwah sedangkan masa setelah Khilafatun Nubuwwah tetap dinamakan sebagai masa para Khalifah (Khilafah) walaupun sebagian Khalifah-nya ada yang bertingkah laku seperti Raja.

3. Masa Khilafatun Nubuwwah yang genap 30 tahun adalah masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Khalifah Umar al-Faruq, Khalifah Utsman bin ‘Affan dan ‘Ali bin Abi Thalib. Dalam kitab-kitab lainnya (pendapat Ulama) lainnya dikatakan bahwa 30 tahun itu genap dengan masa Khalifah Hasan bin ‘Ali bin Abi Thalib sedangkan Mu’awiyah tidak termasuk kedalam “30 Tahun tersebut”.

4. Perpindahan kekuasaan kepada Mu’awiyah dilakukan melalui proses bai’at dan pada tahun itu dinamakan sebagai ‘Amul Jama’ah (tahun jamaah).

5. Terkait Mu’awiyah bahwa beliau adalah “awwalul muluk (أَوَّلُ الْمُلُوكِ)”, hanya menunjukkan tingkah lakunya seperti seorang raja (secara bahasa saja) bukan terkait dengan sistem pemerintahannya, sebab beliau tetap dinamakan sebagai Khalifah. Perincian mengenai hal ini ;

– Fathul Bari, Faidlul Qadir dan kitab lainnya ; Mu’awiyah berjalan diatas thariqah raja-raja namun tetap dinamakan sebagai Khalifah.

– Hasyiyah al-‘Adawiy – حاشية العدوي على شرح كفاية الطالب الرباني – (1/348 disebutkan bahwa berdasarkan hadits “tsalatsuna sanah”, Mu’awiyah berkata ; “ana awwalul muluk”.

وَقَدْ أَشَارَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إلَى مُدَّةِ خِلَافَتِهِمْ بِقَوْلِهِ : ” { الْخِلَافَةُ بَعْدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَضُوضًا } ” وَلِهَذَا قَالَ مُعَاوِيَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لَمَّا وَلِيَ بَعْدَ انْقِضَاءِ الثَّلَاثِينَ سَنَةً : أَنَا أَوَّلُ الْمُلُوكِ .

Tingkah laku Mu’awiyah inilah yang walaupun Mu’awiyah tetap dinamakan sebagai Khalifah namun didalam kitab Imam Ibnu ‘Asakir yaitu Tarikh Dimasyqiy (26/77) menuturkan bahwa berdasarkan apa yang pernah Mu’awiyah katakan yaitu “aku adalah awwalul muluk”, maka lebih baik mengatakan Mu’awiyah sebagai raja dan tidak dikatakan sebagai Khalifah berdasarkan hadits “tsalatsuna sanah” , walaupun kedudukannya tetap sebagai Khalifah dan di sahkan melalui proses bai’at.

عقب ابن كثير على قول معاوية بقوله : والسنة أن يقال لمعاوية ملك ولا يقال له خليفة لحديث سفينة : ” الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكا عضوضا ”

Oleh karena alasan itu juga, Imam Ibnu Katsir cenderung mengatakan bahwa hadits “al-Khilafah ba’diy tsalatsuna sanah” sebenarnya mencegah penamaan Mu’awiyah sebagai Khalifah walaupun kedudukannya sebagai Khalifah.

Rasulullah juga pernah menuturkan bahwa memang Khalifah ada yang baik dan ada yang tidak baik dalam menjalankan system Kekhilafahan, kriteria mengenai hal ini sebagaimana hadits yang tercatat didalam kitab Shahih Ibnu Hibban (6785) ;

أخبرنا عبد الله بن محمد الأزدي ، قال : حدثنا إسحاق بن إبراهيم ، قال` : أخبرنا الوليد ، قال : حدثني الأوزاعي ، قال : حدثني الزهري ، عن أبي سلمة ، عن أبي هريرة ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال : « سيكون بعدي خلفاء ، يعملون بما يعلمون ، ويفعلون ما يؤمرون ، ثم يكون من بعدهم خلفاء يعملون بما لا يعلمون ، ويفعلون ما لا يؤمرون ، فمن أنكر عليهم فقد برئ ، ولكن من رضي وتابع »

“Dari Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda ; “Akan ada setelahku Khulafa’ (para Khalifah), mereka berbuat sebagaimana mereka ketahui, mereka mengerjakan sesuatu yang diperintahkan kepada mereka. Kemudian setelah masa mereka, ada para Khalifah yang berbuat sesuatu yang tidak mereka ketahui, mengerjakan sesuatu yang tidak diperintahkan kepada mereka, maka barangsiapa yang mengingkari mereka, dia bebas (dari dosa), dan barangsiapa yang berlepas diri maka selamat, akan tetapi (berdosa) siapa saja yang ridla (dengan mereka) dan mengikuti (mereka)”.

6. Dengan demikian, system Kekhilafahan tetap berlangsung setelah masa Khilafatun Nubuwwah, seperti yang sudah diketahui didalam sejarah bahwa setelah Khilafatun Nubuwwah, selanjutnya adalah Khilafah Bani Umayyah, Khilafah Bani Abbasiyah dan Khilafah Utsmaniyyah. Diantara Khalifahnya ada yang bertindak seperti raja namun sebagian Khalifahnya lagi bahkan ada yang mirip Khalifah yang Rasyid seperti Khalifah Umar bin Abdul ‘Aziz, Khalifah Abbas Ad-Dakhir Biamrillah, Khalifah Harun Ar-Rasyid, dan lain sebagainya, dan walaupun setiap Khalifah berbeda-beda namun sekali lagi, system pemerintahannya tetap system pemerintahan Islam yaitu Khilafah Islamiyyah dan tidak pernah menggunakan system Kerajaan, Republik dan lain sebagainya.

7. Fakta sejarah juga mencatat bahwa Kekhilafahan tidak pernah dihapus baik pada masa bani Umayyah, bani Abbasiyah, bani Utsmaniyyah. Mereka tidak pernah berusaha untuk menghancurkan Khilafah, justru sebaliknya mereka tetap mempertahankan Khilafah bahkan berjuang untuk mengembalikan system Kekhilafah disaat ada kekosongan Khilafah. Misalnya ketika luluh lantaknya Baghdad dan terbunuhnya Khalifah al-Mu’tashim Billah. Saat itulah terjadi kekosongan Khilafah selama hampir 3 tahun namun bani Utsamiyyah berhasil mengembalikan Kekhilafahan yang kemudian berpusat di Istanbul Turki, tetapi akhirnya runtuh pada tahun 1924 M dan hingga saat ini umat Islam hidup tanpa Khilafah.

8. Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy juga menyatakan didalam Tarikh al-Khulafa’ (375-380) bahwa kaum Muslimin tidak pernah tidak memiliki Khalifah kecuali setelah jatuhnya Baghdad ketangan Tartar sehingga jabatan menjadi kosong selama 3 tahun.

9. Penyebutan “para Khalifah (Khulafa’)” didalam kitab-kitab ‘Ulama. Misalnya didalam Mukhtashar fiy Akhbar al-Basyar (1/128),

خلفاء بني أمية وهم أربعة عشر خليفة، أولهم معاوية بن أبي سفيان، وآخرهم مروان الجعدي وكان مدة ملكهم نيفاً وتسعين سنة، وهي ألف شهر تقريباً،

“para Khalifah bani Umayyah ; jumlah mereka adalah 14 Khalifah, Khalifah pertama adalah Mu’awiyah bin Abi Sufyan (40-64 H/661-680 M) dan Khalifah terakhir adalah Marwan bin Muhammad al-Ja’diy (127-133 H/744-750 M)…”

Didalam Musnad Imam Ahmad bin Hanbal (17774),

حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا محمد بن بكر قال انا بن جريج قال أخبرني بن شهاب عن حديث أبي إدريس بن عبد الله في خلافة عبد الملك ان أبا ثعلبة الخشني حدثه انه سمع رسول الله صلى الله عليه و سلم نهى عن كل ذي ناب من السباع إسناده صحيح على شرط الشيخين

“…mengabarkan kepadaku Ibnu Syihab dari hadits Abi Idris bin Abdullah pada masa Kekhilafahan Abdul Malik … ”

Didalam kitab Al-Mustadrak (3/468),

قال ابن عمر : وشهد عاصم بن عدي أحدا والخندق والمشاهد كلها مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وكان عاصم إلى القصر ما هو ومات سنة خمس وأربعين في خلافة معاوية وهو ابن خمس عشرة ومائة

“.. dan wafat pada tahun 45 Hijriyah pada masa Kekhilafahan Mu’awiyyah…”

Masih dalam kitab yang sama (3/518),

فأخبرني قاضي القضاة محمد بن صالح الهاشمي ثنا علي بن محمد بالمدايني ثنا يعقوب بن داود الثقفي ومسلمة بن محارب وغيرهما قالوا لما قتل الضحاك بن قيس بمرج راهط وكان للنصف من ذي الحجة سنة أربع وستين في خلافة مروان بن الحكم فأراد النعمان بن بشير أن يهرب من حمص وكان عاملا عليها فخاف ودعا لابن الزبير فطلبه أهل حمص فقتلوه واحتزوا رأسه

“dan pada pertengahan bulan Dzul Hijjah tahun 64 Hijriyah pada masa Kekhilafahan Marwan bin al-Hakam..”

Dan lain sebagainya (didalam kitab-kitab ulama lainnya). Dari sini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa para Ulama pun tidak ada yang menafikan Kekhilafahan setelah Khilafatun Nubuwwah. []

Wallahu a’lam….

sumber : (عبدالرحيم الثوري)

6 responses to “Mengkaji Ulang Masa Khilafah 30 Tahun (“al-Khilafah Tsalatsuna Sanah”)

    • @Akhi Moh Khoirul Anam…

      Aamiin Allahuma Aamiin…
      Semoga menjadi ilmu yg barokah dan bermanfaat buat kita semua. Aamiyn

      Syukran laka yaa akhi sudah mampir, salam kenal kembali,… Insyaallah ukhuwwah mubarokah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s